Monday, June 9, 2008

Man's Search for Meaning



Ugh, padahal hari ni mw posting ga pake marah2. Tapi gara2 ga bisa ym-an, jadi kesel ndiri deh!

Back to topic..

Hari ni gw kuliah psikologi kepribadian. Yang ngbedain kuliah hari ni dari kuliah sebelomnya adalah, yg presentasiin topik-nya bukan si dosen. Tapi temen sekelas gw yg emg jago presentasi (dy presentasi bwt nyelametin nilai utsnya yg 45. Huahauhauhauau)

Dy ngbahas ttg Victor Emil Frankl - Teori Eksistensial tentang makna hidup. Wah...slama kuliah kepribadian di semester ini, baru ni topik yg bikin gw mrenung cukup lama skaligus bikin gw tergugah (bahasanya..ya ampun..). Di salah satu kalimat presentasi yang paling gw notice adalah:

'Manusia rela menanggung mengalami sekian banyak kisah cinta yang menyedihkan asalkan ia dapat mengalami satu saja kisah cinta yang membahagiakan.'

Igh, pengen juga donk mengalami satu ajah...Hehehehe

Menurut Frankl, ada 3 jenis makna hidup, salah satunya adalah makna cinta.
Dikatakan ama Frankl kalo makna cinta adalah merasakan dan mendalami kepribadian orang yang kita cintai dan ikut menikmatinya tanpa mengubah kepribadian orang itu menjadi seperti kepribadian kita
.

Huff....gw jadi mikir, pernah ga ya gw mencoba untuk memaknakan cinta gw mpe segitu?
Tapi kalo gw mulai bertanya dgn pertanyaan di atas, trus ada pertanyaan laen yg bakal muncul: Untuk apa berusaha sempurna?
Jawaban Frankl:

'Bila semua orang sempurna, maka setiap individu dapat digantikan oleh siapapun juga. Karena ketidaksempurnaan manusia inilah maka setiap individu itu tidak dapat disia-siakan ataupun dipertukarkan.'

Huff....so wise...bikin gw terus mikir sambil berkaca, apakah gw dah memaknakan hidup gw dgn positif? Ato gw malah memaknakan hidup gw dgn negatif?

No comments: